Selasa, 23 November 2010

Sejarah perkembangan teknologi informasi


Pada zaman yang serba canggih ini, seluruh aspek kehidupan manusia tidak lepas dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Ada berbagai macam contoh sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari misalnya ketika kita belanja di toko swalayan atau di pertokoan yang relatif besar, kasirnya sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didesain khusus untuk keperluan tersebut. Tidak hanya itu, ketika kita pergi ke pertokoan, kampus atau bagian kemahasiswaan kita selalu bertemu dengan alat yang namanya komputer. Disadari atau tidak bahwa perkembangan teknologi informasi memang harus kita kuasai sebagai tuntutan zaman (dalam hal ini kita membahas perkembangan komputer).
Komputer pertama kali ditemukan oleh seorang pegawai biro sensus Amerika Serikat yang bernama Herman Hollerith pada tahun 1890, dia disebut bapak komputer modern berkat penemuannya berupa mesin Punched Card. Sedangkan pembuat komputer pertama kali yang diberi nama MARK I, dilakukan oleh Howard Aiken (Harvard University) bekerja sama dengan International Busines Machine (IBM) pada tahun 1944 yang mampu melakukan perhitungan aritmatika secara otomatis. Pembuatan mesin komputer elektronik pertama dilakukan oleh J. Presper dan J. W. Mauchly (University of Pensylvania) dengan nama ENIAC (Electronic Numeric Interger and Calculator) pada tahun 1945. Kedua orang tersebut kemudian mengembangkan komputer elektronik yang menggunakan angka biner dalam operasi aritmatikanya pada tahun 1952. Sedangkan pertama kali komputer diperdagangkan pada tahun 1949 oleh Eckert Mauchly Computer Company dengan nama Univac-1, selanjutnya IBM pada tahun 1953 dengan produk IBM-701.
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda-bedda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Ada beberapa definisi tentang komputer, namun pada intinya dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan sesuatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan data serta dapat bekerja secara otomatis.
Dari definisi di atas ada tiga istilah penting, yaitu input  (data), pengolahan informasi (output). Pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik atau electronics data processing (EDP). Data merupakan kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka, huruf, simbol-simbol khusus atau gabungan dari ketiganya. Yang perlu diketahui data belum bisa bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang menghasilkan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.
Sumber : TIM PENGAJAR IKD (ILMU KEALAMAN DASAR)
Dengan sedikit pengubahan oleh : Aditya Lukman Pradana

0 komentar:

Posting Komentar