Sabtu, 12 Maret 2011

Bingung Memilih Jurusan Ketika Masuk di Perguruan Tinggi (Tips-tips Mengalahkan Rasa Bimbang Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi)

Apakah anda bingung setelah lulus dari bangku SMA mau melanjutkan kemana?, apakah anda bingung memilih Perguruan Tinggi yang tersedia begitu banyak di Indonesia?, apakah anda bingung memilih jurusan yang akan anda masuki?. Seperti sepenggal lirik lagu dari band ‘ILOVU’ : “Bingung jadi bingung pilih yang mana, pusing.. pusing.. kepalaku pening”  sekedar bercanda. Ketiga pertanyaan di atas memang sudah sepatutnya muncul di benak semua siswa lulusan SMA di Indonesia, bahkan saya rasa semua siswa lulusan SMA di dunia pun merasakan hal yang sama seperti apa yang anda rasakan saat ini.  Kenapa saya menyatakan begitu, karena dulu saya juga pernah merasakannya. Terbayangkah anda lulusan SMA jurusan Ilmu Alam akhirnya kuliah di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen?, itulah saya.
Dulu sesudah lulus dari bangku SMA saya juga didera ketiga pertanyaan di atas. Bukan hanya itu, saya juga dibuat bimbang dengan berbagai macam saran dari orang-orang terdekat saya. Oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk membagikan tips-tipsnya kepada para pembaca, jika menurut anda baik silahkan digunakan tetapi jika menurut anda kurang tepat silahkan ditinggalkan.
Langsung pada inti permasalahan dengan ketiga pertanyaan di atas. Yang pertama kenali potensi dan minat yang anda miliki, apabila kita sudah mengenali potensi dan minat kita, tentunya kita akan memiliki sedikit gambaran mengenai apa yang menjadi tujuan kita. Ibarat orang akan pergi jalan-jalan, jika tidak mempunyai tujuan maka saya yakin orang itu hanya akan berputar-putar tidak jelas dan hanya membuang-buang waktu saja. Setelah itu yang kedua lalu buat dulu keputusan mengenai pilihan anda sebelum anda menerima saran-saran/ pendapat dari orang lain, karena jika anda menerima saran dari orang lain terlebih dahulu, secara tidak langsung anda akan tersugesti dengan apa yang mereka katakan dan bila anda telah tersugesti dengan perkataan mereka maka secara  otomatis perlahan-lahan anda akan melupakan potensi dan minat yang anda miliki, dan hal itu dapat mengurangi keefektifitasan dalam menggapai cita-cita anda . Tips yang ketiga, setelah anda mengenali potensi yang ada dalam diri anda dan telah menerima saran/ pendapat dari orang terdekat anda maka langkah yang ketiga anda harus mengumpulkan/ mencari informasi mengenai potensi yang anda miliki dan mengenai saran-saran dari orang terdekat anda tadi, apabila minat anda dengan saran yang diberikan orang terdekat anda itu sudah selaras, maka anda tinggal memantapkannya dengan lebih banyak mencari informasi mengenainya. Tetapi masalahnya di sini adalah jika minat anda tidak selaras dengan apa yang disarankan orang terdekat anda maka anda harus mengumpulkan dua informasi berbeda, dan setelah itu baru anda dapat membandingkannya. Jika output anda setelah lulus kuliah adalah ‘cepat mendapatkan pekerjaan’, maka anda harus memilih jurusan yang sedang ‘on fire’ atau istilah lainnya yang lagi banyak diminati/ dibutuhkan di lapangan-lapangan pekerjaan pada beberapa tahun kedepan. Perlu saya tegaskan kembali, bahwa anda harus melihat ke prospek beberapa tahun kedepan. Jika anda hanya melihat prospek pada tahun saat anda masuk kuliah, maka siapa yang dapat menjamin kalau beberapa tahun kedepan prospek itu masih diperlukan?. Untuk itu anda sangat memerlukan informasi yang akurat, caranya bisa melalui internet atau bisa juga dengan bertanya kepada orang yang sudah lama berkecimpung didunia pekerjaan, biasanya orang seperti itu akan dapat membaca prospek pekerjaan yang akan datang.
Yang keempat, jika anda telah memutuskan mengambil suatu jurusan maka anda harus menjalaninya dengan sepenuh hati, dan jangan setengah-setengah. Karena kalau anda menjalaninya dengan setengah hati maka percayalah bahwa pilihan anda itu hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia. Anda harus memantapkan mental anda jangan tergoyahkan sedikit pun apalagi cuma karena masalah-masalah kecil. Seperti contohnya : tidak kerasan tinggal di kota yang baru (hal ini biasanya terjadi jika mengambil kuliah di luar kota). Sebenarnya perasaan-perasaan seperti itu hanya akan menghambat potensi yang ada dalam diri anda. Cobalah sadar dan jangan menyia-nyiakan kesempatan yang anda miliki.
Itulah sepenggal pengetahuan yang bisa saya bagikan, dengan harapan dapat membantu pembaca untuk mengatasi masalah di awal paragraf tadi, atau paling tidak dapat sedikit membuka pemikiran pembaca mengenai pentingnya memilih jurusan saat menempuh kuliah. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan karena itu akan berakibat pada masa depan kita. Yang terpenting adalah selalu yakin dengan apa yang anda pilih, dan jalani itu apa adanya dengan hati yang ikhlas. Insyaaallah akan ada jalan bagi anda untuk mencapai kesuksesan. Amin..

Oleh : Aditya Lukman Pradana

Selasa, 11 Januari 2011

PENGAMALAN SILA-SILA DALAM PANCASILA

Pengamalan kelima sila dari pancasila sebagai berikut :

1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
Percaya dan taqwa kepada Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
Hormat menghormati antar pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.


2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
Mengakui persmaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.
Saling mencintai sesama manusia.
Mengembangkan sikap tenggang rasa.
Tidak semena-mena terhadap orang lain.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
Berani membela kebenaran dan keadilan.
Mengembangkan sikap hormat menghormati dengan bekerjasama dengan bangsa lain


3. PERSATUAN INDONESIA
Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.
Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
Cinta bangsa dan tanah air.
Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia.
Memajukan pergaulan demi pergaulan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.


4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/ PERWAKILAN
Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepetingan bersama.
Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan keputusan musyawarah.
Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi harkaat martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.


5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekluargaan dan kegotongroyongan.
Bersikap adil.
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
Menghormati hak-hak orang lain.
Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
Tidak bersifat boros.
Tidak bergaya hidup mewah.
Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
Suka bekerja keras.
Menghargai hasil karya orang lain.
Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.


Sumber : Diktat Kuliah (PENDIDIKAN PANCASILA), Drs. Barthel Inin

TOKOH NOMOR SATU PENGUBAH DUNIA (Nabi Muhammad SAW [570-632])

Sebagai umat muslim, kita patut bangga karena junjungan kita (Nabi Muhammad SAW) merupakan orang yang paling berpengaruh dalam mengubah dunia. Sebagaimana kata Michael H. Hart, Nabi Muhammad SAW dipandang berhasil baik dari aspek spiritual/keagamaan maupun keduniawian.

Beliau berasal dari keluarga sederhana dan lahir pada zaman jahiliyah di tahun fiil tepatnya di kota Mekah, kota yang bukan merupakan pusat budaya dan ekonomi pada waktu itu. Muhammad menegakkan dan menyebarkan agama terbesar di dunia, yakni Islam. Pada saat yang bersamaan beliau tampil sebagai pemimpin yang tangguh, ulet, dan efektif. Kini empat belas abad sesudah wafatnya, pengaruhnya menjadi semakin kuat mendalam dan berakar.

Muhammad lahir tahun 570 M, di kota Mekah di Jazirah Arabia, yang pada waktu itu merupakan kota terbelakang. Beliau menjadi yatim piatu pada usia 6 tahun, dia dibesarkan oleh pamannya di lingkungan yang sederhana dan rendah hati. Umur dua puluh lima tahun, beliau menikah. Sampai usia 40 tahun beliau belum kelihatan amat luar biasa, sampai pada turunnya keajaiban/mukjizat. Masyarakat Arab sendiri pada umumnya menyembah berhala, hanya ada beberapa yang beragama Yahudi atau Nasrani. Beliau yakin akan keesaan Allah SWT, tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad menerima wahyu kenabian. Kemudian disebarluaskan di lingkungannya. Selama 3 tahun Muhammad menyebarkan agama di lingkungan kawan-kawan dan saudara dekat. Baru pada tahun 613 beliau mulai dakwah terbuka, yang pengikutnya bertambah banyak. Oleh karena itu, penguasa Mekah menganggap Nabi Muhammad SAW sebagai ancaman. Karena perkembangan situasi di Mekah tidak menguntungkan, maka pada tahun 622 Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, sekitar 200 km di sebelah utara Mekah.

Berbeda dengan suasana Mekah, di Madinah masyarakat menyambut antusias dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Nabi Muhammad. Hijrahnya ke Madinah, sebagai babak baru perkembangan Islam yang semakin semarak. Bersamaan dengan itu juga penyempurnaan dalam pencatatan wahyu yang diyakini diterima secara cermat kepada para sahabatnya, sehingga kesempurnaan Kitab Suci Al Quran menjadi mukjizat yang tak mungkin terpalsukan karena akurasi sistem pencatatan dan kepiawaian Nabi Muhammad dalam administrasi spiritual dan duniawi. Padahal diyakini awalnya Nabi Muhammad buta huruf. Kemudian secara otodidak belajar, dan beliau itu benar-benar sebagai sosok yang memang diyakini sebagai pilihan Tuhan, untuk mengubah dunia yang jahiliyah menjadi masyarakat beradab, masyarakat sejahtera di bawah lindungan Allah.

Perkembangan Islam kemudian berkembang demikian pesatnya, mulai menyebar dari Persia, Irak sampai ke Maroko di Pantai Atlantik. Bahkan lewat selat Gibraltar menembus sampai Spanyol di Eropa. Ada tanda tersendiri yang dimiliki Nabi Muhammad dalam 'menaklukan' wilayah, maka secara spontan berbondong-bondong orang masuk Islam. Dan karena keimanan Islam berintikan akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur, maka pengaruh keimanan terwujud dalam kehidupan dan perkembangan duniawi. Kepemimpinan langsung berupa keteladanan, baik dari aspek keimanan, akhlak mulia, peri kehidupan duniawi yang penuh dengan tatanan moral, yang tak lekang oleh zaman. Sebagai uswatun khasanah, maka Nabi Muhammad diakui sebagai satu-satunya pribadi yang mampu mengubah dunia, dan dengan ratusan juta pemeluk Islam yang tersebar ke seluruh dunia, maka keberadaan itu yang ikut mengubah sejarah umat manusia.

Sumber : RPUL Global, Arief Mudzakir (Aneka Ilmu)
Dengan pengubahan oleh : Aditya Lukman Pradana

Tanya-jawab Mengenai Fakta di Planet Mars

Para pakar Astronomi sekarang ini sedang meneliti planet tetangga terdekat Bumi, yakni Planet Mars, dimana hasil sementara penyelidikan dilaporkan bahwa pada planet "merah" ini ditemukan unsur Hidrogen. Unsur hidrogen adalah salah satu persyaratan yang harus dimiliki bagi suatu makhluk hidup.
Sementara prediksi pakar kependudukan, bahwa di abad 21 diperkirakan angka pertumbuhan penduduk dunia dapat mencapai 7 Milyar jiwa.


Bagaimana pendapat saudara tentang unsur Hidrogen pada Planet Mars tersebut ?

Menurut saya, dengan adanya kandungan unsur Hidrogen saja masih belum cukup untuk memastikan bahwa akan ada/akan bisa terdapat kehidupan di Mars. Karena untuk menunjang kehidupan manusia di Mars, paling tidak Planet Mars harus mengandung senyawa karbondioksida (CO2) karena dengan CO2, tumbuh-tumbuhan dapat berfotosintesis (tentunya dengan bantuan sinar matahari) sehingga tumbuh-tumbuhan dapat memproduksi Oksigen (O2) yang akan dapat memberi kehidupan bagi manusia. Dengan tersedianya cukup oksigen, maka oksigen dapat bersenyawa dengan hidrogen membentuk senyawa air (H2O) melalui proses menyublim (gas menjadi cair).


Bagaimana pendapat saudara tentang kepadatan penduduk Planet Bumi dikaitkan dengan adanya unsur kehidupan pada Planet Mars ?. Apa upaya yang dimungkinkan untuk mengatasi kepadatan penduduk Bumi ?.

Dengan ditemukannya tanda-tanda kehidupan di Planet Mars, dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk Planet Bumi. Namun, tidak semudah yang kita bayangkan itu. Penelitian mengenai tanda-tanda kehidupan di Mars harus lebih ditingkatkan secara intensif. Karena syarat-syarat kehidupan manusia bukan hanya tersedianya oksigen dan air saja, melainkan para pakar Astronomi harus meneliti lebih spesifik lagi mengenai Planet Mars. Misalnya : Apakah jarak Planet Mars dengan matahari cukup ideal ?. Mengapa kita perlu memikirkan hal itu, karena jika jarak suatu planet sangat jauh (di luar batas ideal dengan matahari) maka manusia tidak akan dapat hidup, begitupun jika jaraknya terlalu dekat dengan matahari, manusia juga tidak dapat hidup. Selain itu perlu juga diteliti apakah Planet Mars dilengkapi atmosfer sekuat atmosfer yang dimiliki Bumi ?, karena jika suatu planet tidak dilengkapi dengan lapisan atmosfer yang kuat, maka benda-benda angkasa akan dengan mudahnya menghantam planet tersebut, selain itu sinar matahari juga akan secara langsung masuk ke permukaan planet tersebut. Hal itu tentu tidak baik bagi kehidupan manusia.

Menurut pendapat saya upaya-upaya yang mungkin untuk mengatasi kepadatan penduduk Bumi adalah dengan mengendalikan angka kelahiran semaksimal mungkin. Kalau tidak salah seperti di Singapura, dalam satu keluarga apabila memiliki anak lebih dari satu, maka keluarga tersebut harus membayar pajak kepada negara. Dengan kebijakan seperti itu mungkin akan dapat sedikit mengurangi angka kelahiran dan kepadatan penduduk perlahan akan berkurang.


Demikianlah jawaban-jawaban singkat yang dapat saya berikan. Bila ada sesuatu yang kurang, saya mohon maaf.
Semoga bermanfaat... :)

Sejarah Singkat Kota Jakarta (1527)

Jakarta di pulau Jawa adalah ibu kota Republik Indonesia dan kota terbesarnya, yang memusatkan sumber-sumber dayanya untuk pendidikan dan perkembangan ekonomi keuangan dan industri yang terus tumbuh.

Kendati didirikan sebagai Batavia oleh Belanda pada tahun 1527 dan dijadikan Belanda Hindia Timur pada tahun 1615, ada bukti-bukti bahwa sejak abad ke-5 masehi tempat ini sudah dihuni. Dengan rumah-rumah kolonial yang besar dan persegi, Jakarta memiliki tampilan kota Eropa. Ini juga memiliki atmosfer Timur, atau gaya "Indische", yang terbukti dengan taman-taman luas di depan rumah dan jalan-jalan lebar dengan pohon-pohon di kanan kirinya.

Di Jakarta tempo dulu, ketika masih bernama Batavia, kota ini mirip dengan kota Belanda, dengan tembok-tembok kota yang tebal dan kanal-kanal. Kini kota tua yang disebut Jakarta Kota, adalah wilayah utama dimana lingkungan Belanda tradisional ini masih bisa ditemukan. Ini adalah jantung finansial kota yang menjadi rumah bagi sebagian populasi Tionghoa yang jumlahnya cukup besar di Jakarta. Di sini juga dapat ditemukan Gereja Portugis (1695) dan Balai Kota Tua (1710). Di bagian lain kota, rumah-rumah biasanya dibuat dari kayu atau bambu dan disebut kampung.

Sebagai pusat perdagangan dan pendidikan, Jakarta kini telah menjadi metropolis modern dengan penduduk 8,2 juta jiwa yang mencakup wilayah seluas 590 km persegi di muara Sungai Ciliwung. Lokasinya terletak di dataran aluvial (endapan) rendah yang mudah dilanda banjir, dengan wilayah rawa yang luas dan hutan yang semakin menciut di daerah hulunya.

Pencampuran gaya yang unik antara Barat dan Timur di Jakarta berkembang sepanjang sejarah penjajahannya. Oleh bangsa asing, yang dimulai dengan pendudukan perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) pada abad ke-16. Inggris sempat menguasainya sementara waktu dalam perang Napoleonik, disusul pendudukan Jepang pada Perang Dunia II, dan pendudukan berikutnya oleh Pasukan Sekutu. Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada akhir perang tahun 1945, tetapi Belanda bersikeras untuk menguasainya, jadi kemerdekaannya baru benar-benar diakui tahun 1949.

Batavia, yang diganti namanya menjadi Jakarta kemudian mengalami ledakan pembangunan besar-besaran. Tahun 1950 Universitas Indonesia didirikan, dan Hotel Indonesia serta kompleks Olahraga Senayan dibangun untuk Asian Games 1962. Selain olahraga, Jakarta juga menggelar seni tradisional seperi wayang orang dan drama, musik gamelan, dan pertunjukan wayang kulit serta wayang golek. Dalam acara tahunan Jakarta Fair, pertunjukan yang memperlihatkan semua kebudayaan Indonesia.

Diangkat dari : 100 Great Cities in World History

Fungsi Lain Dari Masjid (Masjid sebagai Pusat Peradaban Islam)

Di dalam fakta yang kita jumpai sehari-hari banyak orang awam, khususnya orang non muslim yang beranggapan bahwa masjid cuma merupakan tempat beribadah bagi umat Islam khususnya shalat. Padahal, pada hakikatnya masjid berfungsi lebih luas dari pada sekedar tempat shalat (beribadah). Pada awal berdirinya masjid memang belum bergeser dari fungsi utamanya, yaitu sebagai tempat shalat. Akan tetapi perlu diketahui bahwa masjid di zaman nabi berfungsi sebagai pusat peradaban. Bagaimana dengan fungsi masjid pada saat ini ? Tentu anda bisa menjawabnya.

Pada zaman nabi, masjid digunakan untuk mensucikan jiwa kaum muslimin, mengajarkan Al Qur'an dan Al Hikmah, bermusyawarah untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan kaum muslim pada zaman tersebut, membina sikap dasar kaum muslimin terhadap perang yang berbeda agama atau ras, hingga upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan umat justru dari masjid. Pada zamannya masjid dijadikan simbol persatuan umat Islam. Selama sekitar 700 tahun sejak nabi mendirikan masjid pertama, fungsi masjid masih kokoh dan orisinil sebagai pusat peribadatan dan peradaban. Pada dasarnya, sekolah-sekolah dan universitas-universitas pun kemudian bermunculan justru dari masjid. Sebagai salah satu contoh adalah Masjid Al Azhar di Kairo, Mesir. Masjid ini sangat dikenal luas oleh kaum muslimin Indonesia. Masjid ini mampu memberikan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa, bahkan pengentasan kemiskinan pun merupakan program nyata yang secara kontinyu dilaksanakan masjid ini.


Tetapi lain halnya dengan saat ini, sekarang kita akan sangat sulit menemukan masjid-masjid yang memiliki program nyata dibidang pencerdasan keberagamaan umat. Kita mungkin tidak akan menemukan masjid yang memiliki kurikulum terprogram dalam pembinaan keberagamaan umat, lebih-lebih lagi masjid yang menyediakan beasiswa dan upaya pengentasan kemiskinan. Dalam perkembangan berikutnya muncul kelompok-kelompok yang sadar untuk mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya. Kini mulai tumbuh kesadaran umat akan pentingnya peranan masjid untuk mencerdaskan dan mensejahterakan jamaahnya. Menurut ajaran dalam Islam, masjid memiliki dua fungsi utama yaitu :
1). Sebagai pusat ibadah ritual.
2). Sebagai pusat ibadah sosial.

Dari kedua fungsi tersebut titik sentralnya, bahwa fungsi utama masjid adalah sebagai pusat pembinaan umat islam.


Diangkat dari : MATERI INSTRUKSIONAL (MKU PAI), Drs. H. A. A. Baderi, S.H., M.H dan Syamhudian Noor, S.H.I, M.Ag.
Dengan pengubahan oleh : Aditya Lukman Pradana

Dongeng Pahlawan Yunani Kuno (Achilles)

Selain Herkules yang sangat termasyhur, peradaban Yunani kuno mempunyai satu pahlawan lagi yang sangat dikagumi dialah Achilles anak dari Peleus dan Thetis yang lahir di Kota Larissa di Thessalia. Dialah putra Peleus yang terakhir, yang dapat diselamatkan. Achilles kebal terhadap berbagai macam senjata, karena badannya dimandikan di dalam sungai Styx oleh ibunya. Namun, karena ibunya memegangnya pada tumitnya, di tempat itu ia tetap dapat dilukai.

Sejak kecil ia diasuh oleh Raja Phoenix dari Dopolos, dan kemudian dididik oleh Chiron, sang Kentaur yang terkenal pada masanya. Chiron mengisi watak cerdas Achilles dengan berbagai pengetahuan yang berguna, dan juga tidak lupa mengembangkan fisiknya. Ia memakai otak singa dan harimau untuk memberinya keberanian dan kekuatan yang tak terkalahkan.

Waktu ia masih kecil ibunya yang merupakan seorang dewi, bertanya kepadanya : "Wahai anakku, apa yang kamu pilih antara hidup lama namun tak dikenal, atau hidup pendek namun menjadi masyhur?". Achilles memilih yang terakhir. Ibunya juga mengetahui bahwa kota Troya tidak akan dapat dikalahkan tanpa bantuan Achilles, dan bahwa Achilles memang akan tewas di depan dinding Troya. Karena itu ia diberi pakaian wanita oleh ibunya dan dikirimnya sebagai gadis ke istana Raja Lycomedes di Scyrus .

Ketika para raja Yunani hendak mengepung kota Troya, maka ahli sihir Calchas yang dimintai nasihat, mengatakan bahwa Troya tidak dapat ditaklukan tanpa Achilles. Kemudian penyihir itu juga memberitahukan tempat persembunyian Achilles. Lalu Raja Odysseus, menyamar sebagai pedagang, datang ke Scyrus dan menawarkan kepada para putri dagangan berupa permata dan senjata. Langsung kelihatanlah siapa sebenarnya yang bukan putri, yaitu Pyrrha nama samaran Achilles ketika menyamar jadi wanita. Dia (Achilles) sama sekali tidak melihat permata, namun memegang-megang senjata. Odysseus langsung membawanya untuk ikut berperang melawan Troya. Lalu ibunya (Thetis) memberikan pakaian tempur buatan Hephaistos (Vulcanus) kepadanya.

Achilles langsung memperlihatkan diri sebagai pahlawan Yunani yang paling mendapat pujian. Ia ditakuti musuh. Achilles telah berhasil mengalahkan beberapa kota di Troas dan Cilicia, kota Theba di Troas, tempat kelahiran Andromache, istri pahlawan Troya (Hector).

Ketika kota Chryse ditaklukan, anak gadis bernama Chryseis (anak pendeta pemuja Dewa Apollo), ditawan oleh bangsa Yunani dan diberikan pada Agamemnon (pemimpin pasukan Yunani). Lalu ayah gadis itu datang ke medan Yunani untuk membeli kembali anaknya, namun Agamemnon menolak. Karena penolakan itu Dewa Apollo menghukum tentara Yunani dengan menimbulkan penyakit menular kedalam tubuhnya. Menurut saran penyihir Calchas, dianjurkan supaya Agamemnon mengembalikan gadis itu pada ayahnya agar penyakit bisa mereda. Terpaksa Agamemnon melakukannya.

Ketika dalampertempuran selanjutnya, sahabat karib Achilles (Patroclus) dikalahkan oleh Hector dan dirampas pakaian tempur yang dipinjamkan Achilles kepadanya. Achilles mohon pakaian tempur baru dari ibunya dan membalas tewasnya Patroclus. Ia berhasil membunuh Hector dan mengikat mayatnya di kereta tempurnya dan mennarik mayat itu mengelilingi dinding Troya tiga kali dan juga mengelilingi kuburan Patroclus. Lalu ayah Hector, yaitu Priamus yang sudah tua itu dengan penuh tangis memohon kepada Achilles untuk mengembalikan mayat itu. Dalam Homerus (Ilias) adegan itu diceritakan dengan sangat mengharukan.

Achilles akhirnya tewas akibat kemarahan Dewa Apollo. Tangan Apollo membimbing panah Paris di depan salah satu pintu gerbang Troya. Achilles terluka di tumitnya (satu-satunya tempat yang tidak tahan senjata) dan akhirnya tewas. Mayat Achilles kemudian ditawan oleh orang-orang Troya. Sehari penuh orang Yunani bertempur untuk mendapatkan mayatnya kembali. Kesembilan Dewi Musa menyanyikan nyanyian sedih. Dewi Thetis keluar dari ombak laut, sedangkan para Nereides yang lain juga duduk disebelah mayatnya. Tujuh belas hari lamanya orang Yunani menangisi pahlawan mereka yang tak tergantikan. Pada hari kedelapan belas akhirnya mayatnya dibakar. Abunya disatukan dengan abu sahabat karibnya (Patroclus) dan disimpan dalam tempat abu yang terbuat dari emas. Di Pantai Hellespontos didirikan tugu kuburan bagi kedua sahabat itu.


Sumber : ikhtisar pokok dan tokoh Mitologi Yunani-Romawi, Soetomo Mangoenrahardjo (Tarate, Bandung)
Dengan pengubahan oleh : Aditya Lukman Pradana