Selasa, 11 Januari 2011

TOKOH NOMOR SATU PENGUBAH DUNIA (Nabi Muhammad SAW [570-632])

Sebagai umat muslim, kita patut bangga karena junjungan kita (Nabi Muhammad SAW) merupakan orang yang paling berpengaruh dalam mengubah dunia. Sebagaimana kata Michael H. Hart, Nabi Muhammad SAW dipandang berhasil baik dari aspek spiritual/keagamaan maupun keduniawian.

Beliau berasal dari keluarga sederhana dan lahir pada zaman jahiliyah di tahun fiil tepatnya di kota Mekah, kota yang bukan merupakan pusat budaya dan ekonomi pada waktu itu. Muhammad menegakkan dan menyebarkan agama terbesar di dunia, yakni Islam. Pada saat yang bersamaan beliau tampil sebagai pemimpin yang tangguh, ulet, dan efektif. Kini empat belas abad sesudah wafatnya, pengaruhnya menjadi semakin kuat mendalam dan berakar.

Muhammad lahir tahun 570 M, di kota Mekah di Jazirah Arabia, yang pada waktu itu merupakan kota terbelakang. Beliau menjadi yatim piatu pada usia 6 tahun, dia dibesarkan oleh pamannya di lingkungan yang sederhana dan rendah hati. Umur dua puluh lima tahun, beliau menikah. Sampai usia 40 tahun beliau belum kelihatan amat luar biasa, sampai pada turunnya keajaiban/mukjizat. Masyarakat Arab sendiri pada umumnya menyembah berhala, hanya ada beberapa yang beragama Yahudi atau Nasrani. Beliau yakin akan keesaan Allah SWT, tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad menerima wahyu kenabian. Kemudian disebarluaskan di lingkungannya. Selama 3 tahun Muhammad menyebarkan agama di lingkungan kawan-kawan dan saudara dekat. Baru pada tahun 613 beliau mulai dakwah terbuka, yang pengikutnya bertambah banyak. Oleh karena itu, penguasa Mekah menganggap Nabi Muhammad SAW sebagai ancaman. Karena perkembangan situasi di Mekah tidak menguntungkan, maka pada tahun 622 Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, sekitar 200 km di sebelah utara Mekah.

Berbeda dengan suasana Mekah, di Madinah masyarakat menyambut antusias dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Nabi Muhammad. Hijrahnya ke Madinah, sebagai babak baru perkembangan Islam yang semakin semarak. Bersamaan dengan itu juga penyempurnaan dalam pencatatan wahyu yang diyakini diterima secara cermat kepada para sahabatnya, sehingga kesempurnaan Kitab Suci Al Quran menjadi mukjizat yang tak mungkin terpalsukan karena akurasi sistem pencatatan dan kepiawaian Nabi Muhammad dalam administrasi spiritual dan duniawi. Padahal diyakini awalnya Nabi Muhammad buta huruf. Kemudian secara otodidak belajar, dan beliau itu benar-benar sebagai sosok yang memang diyakini sebagai pilihan Tuhan, untuk mengubah dunia yang jahiliyah menjadi masyarakat beradab, masyarakat sejahtera di bawah lindungan Allah.

Perkembangan Islam kemudian berkembang demikian pesatnya, mulai menyebar dari Persia, Irak sampai ke Maroko di Pantai Atlantik. Bahkan lewat selat Gibraltar menembus sampai Spanyol di Eropa. Ada tanda tersendiri yang dimiliki Nabi Muhammad dalam 'menaklukan' wilayah, maka secara spontan berbondong-bondong orang masuk Islam. Dan karena keimanan Islam berintikan akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur, maka pengaruh keimanan terwujud dalam kehidupan dan perkembangan duniawi. Kepemimpinan langsung berupa keteladanan, baik dari aspek keimanan, akhlak mulia, peri kehidupan duniawi yang penuh dengan tatanan moral, yang tak lekang oleh zaman. Sebagai uswatun khasanah, maka Nabi Muhammad diakui sebagai satu-satunya pribadi yang mampu mengubah dunia, dan dengan ratusan juta pemeluk Islam yang tersebar ke seluruh dunia, maka keberadaan itu yang ikut mengubah sejarah umat manusia.

Sumber : RPUL Global, Arief Mudzakir (Aneka Ilmu)
Dengan pengubahan oleh : Aditya Lukman Pradana

1 komentar:

titanium arts
TATONIC ART CUSTOMING · TATONIC 출장안마 ROCKING T-TATONIC 바카라 ROCKING T-TATONIC ROCKING T-TATONIC. This unique and original design is crafted 토토 사이트 도메인 with the use jancasino.com of dental implants sustainable

Posting Komentar