Selasa, 11 Januari 2011

Fungsi Lain Dari Masjid (Masjid sebagai Pusat Peradaban Islam)

Di dalam fakta yang kita jumpai sehari-hari banyak orang awam, khususnya orang non muslim yang beranggapan bahwa masjid cuma merupakan tempat beribadah bagi umat Islam khususnya shalat. Padahal, pada hakikatnya masjid berfungsi lebih luas dari pada sekedar tempat shalat (beribadah). Pada awal berdirinya masjid memang belum bergeser dari fungsi utamanya, yaitu sebagai tempat shalat. Akan tetapi perlu diketahui bahwa masjid di zaman nabi berfungsi sebagai pusat peradaban. Bagaimana dengan fungsi masjid pada saat ini ? Tentu anda bisa menjawabnya.

Pada zaman nabi, masjid digunakan untuk mensucikan jiwa kaum muslimin, mengajarkan Al Qur'an dan Al Hikmah, bermusyawarah untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan kaum muslim pada zaman tersebut, membina sikap dasar kaum muslimin terhadap perang yang berbeda agama atau ras, hingga upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan umat justru dari masjid. Pada zamannya masjid dijadikan simbol persatuan umat Islam. Selama sekitar 700 tahun sejak nabi mendirikan masjid pertama, fungsi masjid masih kokoh dan orisinil sebagai pusat peribadatan dan peradaban. Pada dasarnya, sekolah-sekolah dan universitas-universitas pun kemudian bermunculan justru dari masjid. Sebagai salah satu contoh adalah Masjid Al Azhar di Kairo, Mesir. Masjid ini sangat dikenal luas oleh kaum muslimin Indonesia. Masjid ini mampu memberikan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa, bahkan pengentasan kemiskinan pun merupakan program nyata yang secara kontinyu dilaksanakan masjid ini.


Tetapi lain halnya dengan saat ini, sekarang kita akan sangat sulit menemukan masjid-masjid yang memiliki program nyata dibidang pencerdasan keberagamaan umat. Kita mungkin tidak akan menemukan masjid yang memiliki kurikulum terprogram dalam pembinaan keberagamaan umat, lebih-lebih lagi masjid yang menyediakan beasiswa dan upaya pengentasan kemiskinan. Dalam perkembangan berikutnya muncul kelompok-kelompok yang sadar untuk mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya. Kini mulai tumbuh kesadaran umat akan pentingnya peranan masjid untuk mencerdaskan dan mensejahterakan jamaahnya. Menurut ajaran dalam Islam, masjid memiliki dua fungsi utama yaitu :
1). Sebagai pusat ibadah ritual.
2). Sebagai pusat ibadah sosial.

Dari kedua fungsi tersebut titik sentralnya, bahwa fungsi utama masjid adalah sebagai pusat pembinaan umat islam.


Diangkat dari : MATERI INSTRUKSIONAL (MKU PAI), Drs. H. A. A. Baderi, S.H., M.H dan Syamhudian Noor, S.H.I, M.Ag.
Dengan pengubahan oleh : Aditya Lukman Pradana

0 komentar:

Posting Komentar