Selasa, 11 Januari 2011

Tanya-jawab Mengenai Fakta di Planet Mars

Para pakar Astronomi sekarang ini sedang meneliti planet tetangga terdekat Bumi, yakni Planet Mars, dimana hasil sementara penyelidikan dilaporkan bahwa pada planet "merah" ini ditemukan unsur Hidrogen. Unsur hidrogen adalah salah satu persyaratan yang harus dimiliki bagi suatu makhluk hidup.
Sementara prediksi pakar kependudukan, bahwa di abad 21 diperkirakan angka pertumbuhan penduduk dunia dapat mencapai 7 Milyar jiwa.


Bagaimana pendapat saudara tentang unsur Hidrogen pada Planet Mars tersebut ?

Menurut saya, dengan adanya kandungan unsur Hidrogen saja masih belum cukup untuk memastikan bahwa akan ada/akan bisa terdapat kehidupan di Mars. Karena untuk menunjang kehidupan manusia di Mars, paling tidak Planet Mars harus mengandung senyawa karbondioksida (CO2) karena dengan CO2, tumbuh-tumbuhan dapat berfotosintesis (tentunya dengan bantuan sinar matahari) sehingga tumbuh-tumbuhan dapat memproduksi Oksigen (O2) yang akan dapat memberi kehidupan bagi manusia. Dengan tersedianya cukup oksigen, maka oksigen dapat bersenyawa dengan hidrogen membentuk senyawa air (H2O) melalui proses menyublim (gas menjadi cair).


Bagaimana pendapat saudara tentang kepadatan penduduk Planet Bumi dikaitkan dengan adanya unsur kehidupan pada Planet Mars ?. Apa upaya yang dimungkinkan untuk mengatasi kepadatan penduduk Bumi ?.

Dengan ditemukannya tanda-tanda kehidupan di Planet Mars, dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk Planet Bumi. Namun, tidak semudah yang kita bayangkan itu. Penelitian mengenai tanda-tanda kehidupan di Mars harus lebih ditingkatkan secara intensif. Karena syarat-syarat kehidupan manusia bukan hanya tersedianya oksigen dan air saja, melainkan para pakar Astronomi harus meneliti lebih spesifik lagi mengenai Planet Mars. Misalnya : Apakah jarak Planet Mars dengan matahari cukup ideal ?. Mengapa kita perlu memikirkan hal itu, karena jika jarak suatu planet sangat jauh (di luar batas ideal dengan matahari) maka manusia tidak akan dapat hidup, begitupun jika jaraknya terlalu dekat dengan matahari, manusia juga tidak dapat hidup. Selain itu perlu juga diteliti apakah Planet Mars dilengkapi atmosfer sekuat atmosfer yang dimiliki Bumi ?, karena jika suatu planet tidak dilengkapi dengan lapisan atmosfer yang kuat, maka benda-benda angkasa akan dengan mudahnya menghantam planet tersebut, selain itu sinar matahari juga akan secara langsung masuk ke permukaan planet tersebut. Hal itu tentu tidak baik bagi kehidupan manusia.

Menurut pendapat saya upaya-upaya yang mungkin untuk mengatasi kepadatan penduduk Bumi adalah dengan mengendalikan angka kelahiran semaksimal mungkin. Kalau tidak salah seperti di Singapura, dalam satu keluarga apabila memiliki anak lebih dari satu, maka keluarga tersebut harus membayar pajak kepada negara. Dengan kebijakan seperti itu mungkin akan dapat sedikit mengurangi angka kelahiran dan kepadatan penduduk perlahan akan berkurang.


Demikianlah jawaban-jawaban singkat yang dapat saya berikan. Bila ada sesuatu yang kurang, saya mohon maaf.
Semoga bermanfaat... :)

0 komentar:

Posting Komentar